Penyebab rambut bercabang dan cara mengatasinya

Semua yang perlu kamu tau tentang penyebab rambut bercabang dan cara mengatasiya.

Rambut bercabang mungkin tidak membahayakan, namun kehadirannya bisa sangat mengganggu. Ada solusi yang bisa kamu lakukan selain memangkas habis rambutmu. Pertama-tama, kamu perlu memahami cara mendeteksi separah apa rambutmu bercabang.

Pertama, kamu bisa mengambil sedikit bagian rambut, lalu bentuk twistke arah dalam atau luar. Kamu akan melihat beberapa batang rambut mencuat keluar, dan inilah yang menjadi cikal bakal rambut bercabang. Cara kedua adalah dengan mengambil satu bagian rambut, lalu gulung rambut tersebut pada pulpen atau jarimu. Hal yang sama akan muncul saat kamu selesai menggulungnya.

Wanita asia dengan rambut pendek melihat ke arah ujung rambut

Untuk menghindari atau mengatasinya, dengan mengetahui apa saja penyebab rambut bercabang. Yang tak disangka, beberapa kebiasaan sepele ini ternyata menjadi faktor pendukung untuk membuat rambut jadi bercabang dan patah. Agar lebih jelas, berikut ini adalah semua hal yang perlu kamu tahu tentang rambut bercabang.

5 Penyebab utama rambut bercabang

1. Smoothing atau rebonding.

Salah satu biang keladi yang menyebabkan rambut menjadi bercabang adalah proses smoothingdan rebonding.Pada awalnya rambut mungkin terasa sangat halus dan lurus, namun setelah beberapa bulan, kamu akan merasakan efek yang jelas dari proses kimia rambut; rambut kusam, kering, bercabang, bahkan rontok.

Hal ini bisa dicegah jika kamu merawat rambut sebelum terlambat. Selain shampoodan conditioner,kamu bisa tambahkan vitamin seperti Green Angelica Hair Serum Vitamin.

Vitamin rambut ini mengandung manfaat 5 minyak alami rambut, mulai dari minyak almond,minyak kelapa, minyak zaitun, minyak argan, dan tea seed oil. Gunakan setelah keramas pada rambut setengah basah agar produknya lebih meresap.

2. Bleaching rambut.

Proses kimia kedua yang merusak rambut adalah proses bleaching. Bahan yang digunakan dalam proses ini dapat meningkatkan porositas rambut dan membuat rambut kehilangan kemampuannya dalam menahan kelembapan pada batang rambut. Akibatnya, rambut akan kehilangan kemampuannya untuk menjadi elastis dan cepat patah atau bercabang.

Conditioneradalah perawatan rambut yang tak boleh dilewatkan sama sekali. Bisa dibilang conditioneradalah penyambung umur untuk rambutmu! Nah, khusus rambut rusak, gunakan conditionerkhusus seperti Green Angelica Hair Serum yang efektif memperbaiki rambut rusak sekaligus menutrisinya.

3. Sering menggunakan catokan danhair dryer.

Kamu menyadari kan, ketika mencatok atau blow dryrambut, panas dari alat stylingini lebih fokus pada bagian bawah rambut untuk membuat rambut lebih ikal atau masuk ke dalam? Hal inilah yang membuat rambut bagian bawah cenderung lebih kasar dan bercabang dibandingkan bagian rambut lainnya.

Untuk membantu lindungi rambutmu daripanas alat hairstylingyang terlalu beresiko. Solusinya adalah menggunakan heat protection spray.

4. Rambut terlalu panjang.

Biasanya yang mengalami rambut bercabang adalah mereka yang memiliki rambut panjang. Semakin panjang rambut, semakin kulit kepalamu tak bisa menjangkau rambut hingga ke ujung untuk melembapkannya dengan minyak alami.

Ingat bahwa rambut patah hanya bisa dicegah. Cara penanggulangannya adalah dengan trimrambut sepanjang 1-2 cm setiap 2 bulan sekali untuk menjaga bagian ujung rambut agar tidak bercabang.

5. Keramas dengan air hangat secara terus menerus.

Keramas dengan air hangat mungkin terasa nikmat dan menyegarkan, tapi sesaat setelah membilas, rambutmu akan terasa lebih kesat dan gampang kusut. Menyisirnya dalam keadaan rambut seperti ini dapat membuat rambut rusak dan bercabang. Coba deh setelah gunakan conditioner, bilas rambut  dengan air dingin untuk memerangkap kelembapan pada batang rambutmu.

Setelah tahu apa saja penyebab rambut bercabang, semoga kamu bisa segera mengatasinya ya!