Minyak alami bisa mencegah rambut lepek? Ini alasannya!

Rambut lepek tidak boleh dikasih minyak esensial? Temukan jawabannya di sini!

Pasti kamu cukup familiar dengan minyak alami esensial dan paham apa saja manfaatnya, baik untuk kulit maupun untuk rambut. Misalnya saja minyak zaitun dan minyak badam (almond) yang biasa digunakan untuk menutrisi rambut, mengatasi ketombe, dan membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan mencegah rontok. Perawatan rambut yang sudah dipercaya dari ratusan tahun yang lalu ini terbukti memiliki manfaat yang tak kalah penting dibanding grooming yang biasa kamu lakukan.

“Tapi rambutku kan berminyak, kalau pakai minyak lagi jadi makin lepek dong?”

Nah, ini dia persepsi yang salah dan telanjur beredar luas di masyarakat. Minyak alami bukan hanya bisa digunakan untuk rambut kering dan patah saja. Rambut normal dan berminyak juga tetap membutuhkan kelembapan, yang salah satunya bisa didapatkan dari minyak alami tersebut.

Cara kerja dan manfaat minyak alami

Minyak rambut yang menyehatkan.

Meski menggunakan minyak pada rambut terdengar kontra-produktif, namun hal ini benar adanya. Akar rambut yang berminyak dihasilkan oleh kulit kepala yang dehidrasi. Kulit kepala yang dehidrasi tak mampu melembapkan rambut secara sempurna, sehingga tubuh pun memberikan sinyal pada hormonmu untuk lebih aktif dalam memproduksi minyak. Akibatnya? Kulit kepala kelebihan produksi minyak rambut.

Produksi minyak ini terkadang tak sampai ujung rambut, karena beberapa faktor. Beberapa diantaranya adalah lemahnya kulit kepala dalam mendistribusikan minyak pada setiap folikel, atau bentuk rambut yang berkelok-kelok sehingga membuat distribusi minyak kurang lancar. Karena itulah, kamu membutuhkan pelembap tambahan.

Membuat rambut lebih kuat.

gaya twisted ponytail half updo

Pernah bertanya-tanya mengapa rambutmu lama atau susah sekali panjang?  Tanpa kamu sadari, hal ini disebabkan batang rambut yang patah di bagian tengah.

Meski tumbuh panjang, rambutmu sudah lemah dan tak lagi fleksibel. Akibatnya rambut jadi mudah patah dan rontok. Nah, minyak alami bekerja untuk meresap pada jalinan rambut, sehingga rambut lebih elastis dan tak mudah patah meskipun ditarik atau ditata. Tidak perlu khawatir lagi rambut rontok.

Minyak apa saja yang baik untuk rambut?

Ada banyak pilihan minyak alami untuk rambut, namun diantaranya yang paling terkenal adalah minyak zaitun, minyak badam (almond), minyak argan, minyak kelapa (yang paling terkenal!).

Cara menggunakan minyak rambut.

Ada dua cara mudah dalam menggunakan minyak alami pada rambut. Pertama adalah secara topikal pada batang rambut, langsung pada area yang kamu targetkan. Kedua, adalah dicampur pada masker untuk merawat seluruh batang rambut. Apapun cara yang kamu pilih, kamu wajib melarutkannya pada campuran lain ya (diluted).

Pada batang rambut: Gunakan perawatan ini sebelum atau sesudah keramas. Jika kamu ingin melindungi rambut dan memperkuatnya, gunakan sesudah keramas pada rambut setengah basah. Campur minyak alami dengan vitamin rambut atau styling cream lalu ratakan perlahan para batang rambut. Rambut setengah basah dapat menyerap minyak lebih baik dibanding yang kering.

Pada kulit kepala: Sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan minyak secara langsung pada kulit kepala. Jika kamu langsung menggunakannya, ada kemungkinan minyak tak dapat terserap dengan baik dan malah menumpuk di atas lapisan epidermismu (tak mau jadi ketombe bukan?). Kamu butuh pelarut untuk memaksimalkan penyerapannya pada kulit kepala. Campurkan beberapa tetes minyak ini pada masker rambut yang kamu gunakan. Menggunakan masker alami juga bisa loh, misalnya dari oatmeal atau pisang.

Solusi praktis sehari-hari.

Minyak alami rambut agak sedikit tricky untuk menggunakannya, terutama jika kamu masih pemula dalam urusan merawat rambut. Manfaat minyak alami ini bisa juga kamu dapatkan dalam perawatan groomingsehari-hari. Seperti paket lengkap dari Green Angelica Hair Shampoo dan Green Angelica Hair Serum Conditioner.

Dua produk unggulan Sunsilk ini dilengkapi dengan berbagai manfaat minyak alami yang terlengkap, mulai dari minyak zaitun, minyak badam (almond), minyak argan, minyak kelapa, dan tea seed oil.

Kandungan minyak alami pada shampoo-nya dapat menutrisi kulit kepala hingga ke batang rambut, sedangkan conditioner-nya dapat menjaga rambut agar lembut dan halus, sehingga mudah diatur.

Untuk maksimalkan penggunaannya, coba juga Green Angelica Serum Vitamin untuk memberikan nutrisi dan kelembapan tambahan pada rambut.

Ingin mendapatkan rambut sehat, lembut, dan berkilau? Pastikan kamu memakai shampoo, conditioner, dan vitamin dari rangkaian ini secara rutin. Praktis tapi kamu tetap mendapatkan manfaat secara penuh.

Selamat mencoba!