Kupas tuntas fakta rambut rontok dan tips merawatnya

Apa iya keadaan rambut rontok parah sampai botak adalah hal yang sangat mungkin terjadi? Jawabannya menyeramkan, tapi sebetulnya tidak mengejutkan.

Rambut rontok itu wajar, semua orang mengalaminya kok. Yang membedakan hanya kapan dan separah apa kerontokan rambutmu terjadi. Kerontokan rambut bisa jadi teguran untukmu agar kamu bisa mengenali tubuhmu dan fase-fase yang terjadi padanya.

Tapi apakah benar rambut rontok parah bisa sampai botak? Jawabannya adalah ya, tapi ini hanya terjadi jika kamu terlambat mengatasinya atau salah perawatan. Sebelum telanjur mengalami masalah tersebut, jangan lewatkan artikel kami berikut. Kami akan membahas tuntas dan menjelaskan lengkap apa saja penyebab rambut rontok dan bagaimana kondisinya yang parah bisa menyebabkan kebotakan.

Kupas tuntas rambut rontok

Kenali jenis rambut rontok.

Tidak semua rambut yang kamu temukan di sisir atau meja riasmu berasal dari sumber yang sama. Ada rambut rontok yang berasal dari rambut patah (biasanya dari tengah rambut, dan merupakan ciri rambut bercabang), ada juga yang berasal dari akar rambut.

Rambut rontok parah dari akar rambut biasanya bisa dicirikan dari pangkal rambutnya yang memiliki butiran dengan warna putih. Ini menandakan bahwa rambut tercabut dari akar.

Rambut rontok merupakan fase yang bisa dilewati, tugas kita adalah untuk mencegah kerontokannya agar tak berlebihan.

Wanita asia dengan baju merah menyentuh kulit kepala.

Pentingnya merawat kulit kepala.

Secara logika mungkin kamu berharap rambutmu bisa lebih kuat dengan segala jenis minyak alami yang kamu beli dan berharap tak ada lagi kerontokan yang mengganggu. Padahal teknik ini belum tentu efektif pada rambutmu. Belum lagi jika salah mengaplikasikannya, minyak tersebut dapat memperparah kerontokan rambut karena menumpuk di kulit kepala.

Folikel merupakan kantung di  dalam pori-pori kulit kepala yang bertugas untuk mengantungi rambut. Jika dibiarkan tanpa dirawat, lama-lama rambut akan botak dan tidak bisa tumbuh kembali.

Wanita asia dengan rambut panjang menyentuh kedua ujung rambutnya.

Kulit kepala tersumbat = kebotakan?

Saat rambut rontok, kantung folikel kita jadi kosong. Keadaan ini adalah saat pori-pori terbuka dan menganga, mempersilahkan debu dan sisa minyak untuk menyumbat kantong folikel yang kosong. Jika folikel tersumbat, maka pertumbuhan rambut baru akan terhambat.

Bukannya tidak mungkin pori-pori tersumbat yang terlalu lama bisa membuat kebotakan permanen! Karena itulah, saat rambut rontok dari akar, kamu bukan butuh shampoo yang bisa menumbuhkan rambut. Justru, kamu butuh shampoo yang membersihkan kulit kepala secara maksimal. Bagaimana cara memilih shampoo yang tepat?

Pilih shampoo yang bisa menguatkan rambut.

Untuk memilih shampoo yang tepat, pertama kamu harus mengenali apa penyebab yang membuat rambutmu rontok. Penyebab rambut rontok parah dari akar bisa dari banyak hal, mulai dari ketombe, kulit kepala sensitif, pergantian rambut, atau bahkan kombinasi dari semuanya! Dari semua penyebab ini, ada yang menjadi kesamaan dan merupakan petunjuk penting dalam memilih shampoo yang tepat: semua berasal dari kulit kepala. Jadi yang harus kamu lakukan adalah menggunakan shampoo yang bisa menyehatkan kulit kepala.

Pilih shampoo yang memiliki dua fungsi, pertama membersihkan kulit kepala dan membuka kutikula rambut agar batang rambut juga bisa dibersihkan secara menyeluruh. Biasanya, shampoo jenis ini memiliki manfaat deep cleansing seperti Green Angelica Hair Shampoo dan Green Angelica Hair Serum Conditioner.

Yang membuat shampoo dan conditioner ini spesial adalah fungsinya yang multiguna. Di dalamnya terdapat kandungan Zinc Mineral dan Pro-Nutri Essence yang bisa membersihkan kulit kepala dan mencegahnya dari jamur yang bisa menyebabkan infeksi (Folikel yang terbuka rentan terhadap infeksi loh!) Jadi bukan hanya dapat membebaskanmu dari lepek, tapi juga bisa mencegah ketombe dan mengantisipasi rambut rontok.

Saat kulit kepala sudah sehat, dijamin folikel rambut akan lebih siap dalam menumbuhkan rambut-rambut yang baru, kuat, dan juga lebih lebat. Saat rambut sudah tak punya masalah kerontokan? Selamat! Kamu bisa bebas memilih shampoo lainnya sesuai dengan keadaan rambutmu.

Incoming search terms:

  • ubat supaya rambut gak rontok