Jenis-jenis sisir dan fungsinya dalam menata rambut

Kuasai cara menata rambut yang tepat dengan memahami jenis-jenis sisir beserta fungsinya.

Banyak orang terbiasa menggunakan sisir apa saja yang tersedia di rumah untuk menyisir rambut sehari-hari. Padahal, ada beragam jenis sisir dengan kegunaannya masing-masing.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah setiap jenis rambut membutuhkan sisir yang berbeda pula. Demi rambut yang sehat dan tampilan rambut maksimal, pahami jenis-jenis rambut beserta kegunannya masing-masing berikut.

Cara menentukan jenis sisir yang tepat

Sikat bulu (bristle brush).

Cocok untuk: Rambut keriting intens (kinky hair) dan rambut rusak.

bulu sikat (bristle brush)

Rambut kinky memiliki bentuk rambut yang sangat intens, dengan bentuk ringlets yang padat. Jika kamu perhatikan, rambut kinky sangat mudah mengait pada satu helai ke helai lainnya. Untuk itu perlu sisir jenis sikat dengan bulu halus agar tidak merusak bentuk alaminya.

Begitu juga dengan rambut rusak parah, misalnya akibat proses bleaching. Tak yakin rambutmu rusak? Perhatikan apakah teksturnya lebih kasar dan mudah kusut saat ditata. Sisir berbulu alami akan memisahkan helaian-helaian rambut dengan halus, berbeda dengan sisir bergigi plastik yang biasanya menimbulkan efek statis.

Sisir sasak.

Cocok untuk: menciptakan volume dan membuat tampilan licin atau sleek.

sisir sasak

Selain dengan cara di-blow, cara lain untuk membuat rambut terlihat lebih bervolume adalah dengan cara menyasak. Sesuai dengan namanya, sisir ini efektif untuk menyasak rambut. Selain itu, bentuknya yang bergigi rapat juga cocok membuat tampilan rambut yang rapi dan sleek, misalnya pada gaya beehive yang retro atau variasi sanggul.

Tip editor: Semprotkan hairspray ke sisir untuk membantu hasil sasakan lebih tahan lama.

Round brush.

Cocok untuk: Membuat rambut terlihat lebih bervolume.

round brush

Ini salah satu jenis sisir yang mungkin kamu paham dan familiar dengan fungsinya. Bentuk sikatnya yang bulat memang dibuat khusus untuk membuat tampilan rambut yang lebih bervolume. Cocok digunakan saat blow rambut.

Ada dua jenis round brush, yang terbuat dari kayu dan yang dasarnya berbahan aluminium. Tipe kedua bisa digunakan lebih efektif, yakni dengan cara memanaskannya dengan hairdryer agar blow rambut lebih cepat terbentuk.

Tip editor: Blow rambut ke arah berlawanan dengan belahan rambut agar akar rambut lebih terangkat. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan juga produk rambut yang bisa menambah volume rambut seperti Green Angelica Shampoo dan Green Angelica Hair SerumVolume Nourishment Conditioner.

Rangkaian produk ini diformulasikan dengan Oxyfusion technology yang bisa membuat rambut tampaklebih bervolume hingga 95%. Bye-bye, rambut lepek!

Paddle brush.

Cocok untuk: Berbagai jenis dan tekstur rambut.

paddle brush

Sisir jenis ini cocok untuk penggunaan sehari-hari. Bentuk dasarnya rata dan horizontal, sehingga efektif menarik memisahkan helai-helai rambut yang kusut. Kalau kamu ingin mendapatkan tampilan rambut yang lurus dan rapi (sleek), sisir ini bisa kamu andalkan.

Paddle brush juga bisa digunakan saat mengeringkan rambut tanpa panas, misalnya di depan kipas angin atau menggunakan fitur dingin pada hairdryer.

Round cushion brush.

Cocok untuk: rambut medium dan panjang.

cushion brush

Untuk penggunaan sehari-hari, kamu bisa gonta-ganti antara paddle brush dan cushion brush. Keduanya memberikan manfaat yang kurang lebih sama. Perbedaan fisiknya terlihat dari dasar sisir yang berbentuk elips atau lonjong dengan ujung bulu yang terbuat dari nylon.

Sisir ini juga bisa berfungsi untuk memijat kulit kepala dan memperlancar aliran darah.