Cara merawat rambut rapuh dan kasar dengan mudah

Jika tak segera dirawat dengan ekstra, rambut rapuh dan kasar bisa berujung pada kerontokan parah.

Apa pun model, warna, ataupun tekstur rambut yang kamu punya, tak menjamin akan terhindari dari salah satu permasalahan rambut yang paling banyak dialami, yakni kerontokan rambut. Apalagi kalau kamu termasuk yang sering bereksperimen dengan berbagai gaya dan warna rambut.

Rambut pirang setelah bleaching mungkin terlihat keren, atau penggunaan flat iron mungkin membuat rambut lurus dan sleek sementara. Namun di balik semua itu, penataan rambut yang berlebihan tanpa perawatan yang seimbang bisa membahayakan kesehatan rambut.

Seperti biasa, All Things Hair Indonesia akan memberikan panduan praktis yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa bantuan pakar rambut sekalipun. Penasaran apa saja tipsnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut!

Cara merawat rambut rapuh

1. Gunakan shampoo khusus rambut rapuh.

Shampoo yang biasa kamu gunakan mungkin kurang tepat untuk merawat rambut rapuh. Kamu perlu shampoo yang bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut yang sesuai dengan kondisi rambutmu saat ini.

Kami merekomendasikan untuk mengganti shampoo-mu dengan Green Angelica Hair Shampoo yang mengandung Trichazole yang bisa menutrisi akar rambut dan menguatkan batang rambut hingga ujungnya.

Green Angelica Hair Regrowth Shampoo merupakan produk yang tepat untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok, termasuk penipisan rambut ringan bisa di atasi dengan menggunakan shampoo ini, shampoo Green Angelica ini terbuat dari bahan-bahan alami yang sudah terbukti mampu mengatasi dan menghentikan rambut rontok, serta merangsang folikel rambut menjadi sehat sehingga rambut yang rusak atau tidak sehat bisa kembali tumbuh, tebal dan subur.

Manfaat Shampo Green Angelica :

  • Mengatasi Rambut Rontok
  • Memperbaiki Rambut Bercabang
  • Menumbuhkan Rambut
  • Menghilangkan Ketombe
  • Aman Tanpa Efek Samping
  • Tidak Mengandung Detergen
  • Shampo Tidak Berbusa

2. Pakai masker dan vitamin rambut.

Rambut kering dan rapuh

Rambut menjadi kasar dan rapuh karena kekurangan kelembapan rambut. Selain conditioner, kamu juga bisa memakai deep conditioning mask seminggu sekali. Kalau kamu termasuk yang senang dengan segala hal berbau DIY, simak cara membuat masker minyak kelapa yang mudah kamu coba di rumah.

3. Gunakan pelembap rambut.

Minyak rambut atau hair oil didesain untuk menyerap ke dalam kutikel rambut, sehingga mampu melembapkan batang rambut dan membuat rambutmu lebih mudah disisir dan tidak kusut. Minyak argan dan minyak zaitun merupakan dua minyak alami yang dikenal kaya manfaat untuk tubuh, termasuk juga untuk rambut.

Kalau kamu termasuk yang malas repot membuat masker sendiri, pastikan saja Sunsilk Soft and Smooth Conditioner selalu kamu pakai setiap habis keramas.

Conditioner yang satu ini merupakan paket minyak alami lengkap yang bisa kamu dapatkan dengan praktis. Selain minyak argan dan zaitun, conditioner ini juga mengandung minyak kelapa, minyak almond, dan tea seed oil.

4. Istirahat dari hairstyling tools.

Percaya deh, kamu pasti bisa ‘berpuasa’ sementara dari alat-alat bersuhu panas ini. Sementara kamu menjalankan proses perawatan tambahan, kamu bisa mulai dengan mengurangi  kebiasaan yang bisa menyebabkan rambut rapuh.

Foto rambut hitam

Membatasi pemakaian alat-alat styling merupakan salah satu cara merawat rambut rapuh yang praktis dan gratis. Selain rambut, tagihan listrik di rumah juga lebih ‘sehat’! Sebagai alternatif, simak berbagai gaya rambut simpel yang bisa kamu coba untuk sehari-hari.

Itulah cara merawat rambut rapuh dan rontok yang bisa dengan mudah kamu praktikkan di rumah. Prosesnya memang tidak instan karena tetap butuh konsistensi dan kedisiplinan agar rambut kembali sehat. Tapi percaya deh, semua usaha yang kamu lakukan akan sepadan!

Usahamu tidak berhenti sampai di sini. Agar rambutmu terjaga kesehatannya, pastikan kamu juga memahami faktor-faktor penyebab rambut rapuh dan rontok. Setidaknya ada lima faktor utama yang dapat menyebabkan rambut rapuh.

Faktor penyebab rambut rapuh

Bleaching atau pewarnaan: Warna-warna pastel dan terang yang sedang ngetrend bikin banyak orang berbondong-bondong mewarnai rambut mereka. Berhubung mayoritas dari kita terlahir dengan rambut hitam atau berwarna gelap, maka melakukan bleaching adalah sebuah keharusan jika ingin mendapatkan warna terang yang diidamkan.

rambut kering dan rusak

Bagi yang masih awam soal pewarnaan rambut, mungkin belum tahu kalau proses bleaching menggunakan bahan kimia yang tergolong kuat karena bertujuan untuk membuka kutikel rambut agar warna baru dapat menyerap lebih mudah. Di lain sisi, kutikel rambut yang terkespos dapat membuat rambut terasa kasar dan menjadi rapuh karena kehilangan kelembapan alaminya.

Melakukan smoothing atau perm: Mirip dengan bleaching, proses smoothing, rebonding,atau mengeriting rambut (perm), merupakan proses penataan yang mengubah bentuk alami rambut menjadi sesuai yang kita inginkan. Hasilnya, ‘proses paksa’ ini akan berpengaruh pada kesehatan rambut dan bukan tidak mungkin rambut kamu akan ‘ngambek’ dan rontok satu per satu.

Sering menggunakan alathairstylingpanas: Jika kamu sering melakukan blow dry, mencatok rambut, ataupun mengeriting rambut dengan curling wand, sebaiknya kamu mengurangi frekuensi melakukannya. Jika biasanya kamu menata rambut dengan alat-alat styling tersebut setiap hari, batasi penggunaannya menjadi satu kali seminggu atau dua kali sebulan. Rambut yang terpapar suhu panas dalam waktu lama dapat menjadi kering dan rapuh, dan lambat laun menjadi rusak.

Menyisir dengan cara yang salah: Tahukah kamu bahwa hal sesederhana menyisir rambut dapat membuat rambut patah? Ada beberapa hal yang dapat membuat rambutmu menjadi mudah rontok, mulai dari memilih sisir yang salah hingga hingga menyisir rambut saat basah. Seperti yang sudah sering kami ingatkan, rambut basah berada dalam kondisinya yang paling rapuh, karenanya kamu harus bijak dalam menatanya.

Melakukan diet yang salah: Faktor yang menentukan bentuk dan tampilan akhir rambut bukan hanya apa yang kamu gunakan di rambutmu, namun juga apa yang kamu masukan (dan tidak masukkan) pada perutmu! Slogan ‘you are what you eat’ benar adanya. Pastikan kamu mengonsumsi proten yang cukup agar rambut juga ikut ternutrisi.

Semoga berhasil!

Content retrieved from: https://www.allthingshair.com/id-id/perawatan-rambut/rambut-rontok/cara-merawat-rambut-rapuh/.