6 Tips darurat ketombe dan cara efektif mengatasinya

Tips andalan menyiasati ketombe.

Karena semua orang butuh rencana cadangan untuk tampil prima.

Mengembalikan kesehatan kulit kepala tentu tak semudah membalikan telapak tangan. Kamu perlu konsistensi dan waktu dalam merawatnya hingga kembali seperti semula. Saat ketombemu sudah tidak dapat dikendalikan dan mulai berjatuhan, kamu butuh pertolongan segera! Tips dan trik ini akan membantu kamu menyamarkan ketombe dan juga menghilangkannya dengan cepat.
Atasi ketombe dengan enam cara ini

1. Gunakan shampoo anti ketombe.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memberikan peratan yang tepat pada rambutmu. Ketombe ada untuk diatasi, tidak hanya untuk disembunyikan saja.

Cara paling efektif untuk mengusir ketombe adalah dengan mengembalikan kesehatan kulit kepala. Shampoo anti ketombe rekomendasi kami adalah Green Angelica Hair Shampoo.

Shampooini diformulasikan khusus dengan Nutrium 10 yang mengandung nutrien, vitamin, dan mineral yang bisa membantu meredakan ketombe. Dengan pemakaian rutin, kulit kepalamu akan lebih sehat dan secara perlahan ketombe pun akan berkurang secara signifikan. Tak masalah apakah kamu termasuk keramas setiap hari atau dua hari sekali, yang penting kamu memakai shampoo yang sesuai dengan kebutuhan rambut.

*pada lapisan epidermis

2. Sisir rambut lebih sering.

Percayalah bahwa sisir adalah teman setiamu di masa-masa ini. Sisir rambut secara regular dapat mengontrol ‘produksi’ ketombe. Ketombe biasanya menempel pada batang rambut dan membuat rambut berminyak. Menyisir dapat membantu mendistribusikan minyak secara merata pada seluruh batang rambutmu.

Ada dua jenis sisir yang bisa kamu coba, pertama hair brush dan kedua adalah scalp brush. Untuk hair brush, kamu bisa menggunakan detangling brush. Namun gunakan bristle brush dengan ujung yang tumpul agar tidak menyakiti kulit kepala. Selain itu, menyisir rambut dapat melancarkan perdaran kulit kepala, menstimulasi sel di kulit kepala untuk memperbaiki lapisan epidermis.

3. Ganti model rambut.

gaya rambut bowl cut

Kalau kamu sedang dilanda masalah ketombe parah, ada baiknya kamu memotong pendek rambut agar masalah ini lebih dapat dikendalikan. Selain itu, pilih model rambut yang tidak memperlihatkan kulit kepala dengan jelas. Apalagi kalau rambutmu tipis karena ketombe biasanya terlihat pada garis rambut atau pinggir kulit kepala.

Model rambut yang kami rekomendasikan adalah bowl cut yang tidak memiliki belahan rambut.

4. Gunakan aksesori rambut.

Wanita kaukasia dengan rambut pirang dan topi

Ada acara mendadak dan harus tampil stylish tapi tak punya waktu untuk keramas? Pakai aksesori rambut saja! Pilihan pertama adalah topi atau headpiece yang bisa menutupi sebagian besar rambutmu.

Wanita asia dengan turban

Pilihan kedua, scarf yang bisa kamu tata dalam banyak gaya! Salah satunya adalah gaya turban. Ngomong-ngomong, sudah pernah lihat belum tutorial gaya turban inspirasi dari All Things Hair?

5. Mengganti warna rambut.

Wanita asia dengan warna rambut prang

Rambut hitam atau berwarna gelap lainnya akan membuat ketombe terlihat jelas. Cara lain untuk menyarukan ketombe bisa dengan mengubah warna rambut menjadi lebih terang.

Pilihan warna rekomendasi kami yang bisa kamu pertimbangkan antara lain abu-abu, variasi warna pirang seperti platinum blonde atau strawberry blonde, dan warna-warna pastel

Tip editor: Sebaiknya kendalikan dulu masalah ketombe sebelum mewarnai rambut. Jika tidak, bahan kimia dalam zat pewarna bisa membuat kondisi kulit kepala semakin tidak sehat dan dapat memicu terbentuknya ketombe.

6. Memilih pakaian dengan warna terang.

Wanita kaukasia dengan rambut pirang

Terakhir dan bisa jadi kuncianmu saat kedaan darurat, pakai baju berwarna terang, diutamakan putih, supaya jika ada ketombe yang jatuh ke pundak bisa sedikit tersamarkan.

Itu dia enam tips dari kami yang bisa kamu andalkan untuk mengatasi ketombe dan menyamarkannya di saat kondisi terdesak. Selamat mencoba!